Part time

arti dari Part time adalah paruh waktu, kalau kerja Part time adalah kerja paruh waktu.

saat ini banyak sekali jenis kerja paruh waktu yang bisa kita lakukan, mengapa?? karena adanya teknologi yang memungkinkan kita bisa kerja tanpa perlu pergi ke tempat kerja. artinya, semua pekerjaan dapat kita lakukan tanpa perlu meninggalkan tempat dan merugikan pekerjaan utama kita.

akhir-akhir ini banyak yang meributkan, bahwa kalau kita kerja mempunyai sambilan, maka kerjaan utama tidak akan fokus. padahal manusia diciptakan dengan begitu sempurna.

kalau mau ambil contoh :

pada saat kita menonton TV, maka yang fokus adalah mata, kemudian telinga, nahh pertanyaannya apakah mata hanya fokus melihat TV?? dan juga apakah telinga hanya fokus mendengarkan suara yang keluar dari TV?? tentu saja jawabannya tidak. belum lagi, sambil nonton TV, kita makan artinya bagian tubuh lain melaksanakan pekerjaan lainnya, belum lagi sambil makan, kita menggerakan kaki…. jadi pada saat yang bersamaan bagian tubuh kita melakukan banyak pekerjaan sekaligus. bisa juga sambil nonton TV, makan dan berbicara secara bersamaan….jadi mana yang pekerjaan utama dan mana yang pekerjaan sambilan?? tentu saja pekerjaan utama menonton TV, pekerjaan sambilan melihat hal lain disekitar, mendengarkan hal lain di sekitar, berbicara dengan orang di sekitar, makan dan minum, tetapi apakah pekerjaan utama menonton TV terganggu, tentu saja tidak….lantas… apa yang memproses itu semua ?? tentu saja otak.

contoh lain : menyetir mobil

mata, telinga, tangan, kaki semua fokus… tapi apakah kita masih bisa makan atau minum sambil nyetir?? apakah kita bisa menjawab sms sambil nyetir, apakah kita bisa menelpon atau menerima telp sambil nyetir?? apakah kita bisa bernyanyi sambil menyetir?? mendengarkan radio?? semua bagian tubuh kita bisa melakukan banyak pekerjaan pada saat yang bersamaan.

karena sistem operasi buatan manusia, maka konsep itu ditiru :dinamakan dengan multiprogramming

Multiprogramming berarti komputer melayani banyak proses pada suatu saat. Prinsip dasarnya adalah komputer memuat lebih dari satu program dalam memori utama. Hal ini dilakukan dengan cara membagi memori utama menjadi beberapa partisi.Tiap – tiap partisi memuat sebuah program. Jika suatu program sedang menunggu suatu proses maka diganti dengan program berikutnya. teori ini ada dalam penjadwalan proses. konsep dari penjadwalan proses apabila mendapat jatah waktu di prosesor.
Througput adalah jumlah kerja yang dapat diselesaikan dalam satu unit/interval waktu. Cara untuk mengekspresikan througput adalah dengan jumlah job yang dapat dieksekusi dalam satu unit/interval waktu. Sasaran penjadwalan adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu unit/interval waktu.
point dari uraian di atas adalah, kita tidak perlu risau dan selalu mempermasalahkan  gaji kecil dari satu kantor, karena kita dapat melakukan pekerjaan lain dengan cara part time, tentu saja dengan kemampuan yang kita miliki. seperti halnya ibu rumah tangga, apakah ada ibu rumah tangga yang hanya mengusi rumah tangga? tentu saja tidak, mereka part time juga memikirkan hal lain, lingkungan, saudara, orang tua dan lainnya.
seperti halnya saya, saya juga melakukan part time, yaitu part time sebagai dosen, part time sebagai karyawan  dan part time sebagai ibu dirumah 🙂
jadi jangan sampai kita kembali ke pemikiran monoprogramming….. sejak adanya komputer generasi ke tiga… maka semua sudah multiprogrammring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*