Apakah ada profesi yang paling Mulia ?

Sejak keluarnya keputusan bersalah terhadap dr. Ayu dan 2 orang temannya yang diberikan hukuman oleh MA (Mahkamah Agung) banyak dokter dan pegawai rumah sakit yang ribut, bahkan sampai memutuskan demo. Demo sehari tanpa dokter dirumah sakit,  Mengapa mereka, memutuskan untuk berdemo dan memutuskan tidak memberikan pelayanan terhadap pasiennya???

Karena dokter juga Manusia.

Saya salah satu dari sekian banyak orang  sangat tidak sepakat dengan demo yang dilakukan para dokter, saya merupakan salah satu dari sekian banyak manusia di bumi ini,  saya memerlukan bantuan dokter ketika saya dan anggota keluarga saya sakit, dan saya merupakan salah satu yang mempunyai pengalaman dikecewakan oleh dokter.

Setiap orang pasti punya pengalaman dengan dokter selama dia hidup, karena tiap orang pasti membutuhkan dokter dalam kehidupannya, ada yang mendapatkan pelayanan baik dan ada juga yang mendapatkan pengalaman buruk.

Mengapa ?? karena dokter juga manusia.

Berapa banyak pengobatan alternative yang diserbu oleh masyarakat ?? artinya ?? mengapa mereka tidak pergi ke dokter ??

Ketika ada sesuatu yang ganjil berada dimasyarakat, misal : air keluar dari lantai rumah,  pohon yang tumbuh ganjil, binatang yang mempunyai keganjilan dalam tubuhnya, langsung masyarakat kita ramai-ramai mendatanginya dan meminta kesembuhan dari berbagai macam penyakit yang dideritanya, mengapa ?? mengapa mereka meminta kesembuhan penyakitanya dari sesuatu yang ganjil tersebut ??

Karena pasien juga Manusia.

Kriminalisasi terhadap dokter ?? mengapa mereka marah dan mengatakan kriminalisasi terhadap dokter ?? apakah tidak boleh dokter dihukum?? apakah dokter merupakan profesi yang kebal dari hukuman ??

Apapun profesinya selama manusia yang melakukannya pastinya ada kesalahan… karena Manusia.

Semua profesi adalah profesi mulia, semua profesi adalah profesi yang berguna dan  bermanfaat bagi sesama Manusia.

Misalnya :

Contoh 1 : tukang sampah

Apakah profesi tukang sampah?? Boleh kah profesi tersebut dikriminalisasi ketika pelakunya terbukti bersalah di pengadilan ?? bagaimana akibat yang ditimbulkan ketika satu hari tidak ada tukang sampah ??

Contoh 2 : Guru atau Dosen

Apakah profesi guru atau dosen?? Boleh kah profesi tersebut dikriminalisasi ketika pelakunya terbukti bersalah di pengadilan ?? bagaimana akibat yang ditimbulkan ketika satu hari tidak ada guru atau dosen ??

Begitu juga dengan beragam profesi seperti ustad, Tukang kebun, tukang refleksi, office boy, supir dan pegawai kantoran lainnya, bagaimana jadinya ketika mereka dalam satu hari tidak memberikan pelayanan ??

Orang bilang, profesi yang paling mulia dan banyak pahalanya adalah menjadi ustad…

Orang bilang juga profesi yang paling mulia adalah dokter..

Adalah profesi yang tidak mulia ??

Semua profesi itu ada bayarannya, ketika ustad sudah selesai berceramah, mereka di bayar atas profesinya, begitu juga dengan dokter yang dibilang profesi mulia, mereka di bayar atas jasa yang telah diberikan. Semakin tinggi sekolah dokter tersebut, maka semakin besar bayaran yang akan diterimanya…. Lantas mulianya dimana??

Semua profesi diberikan kompensasi sesuai dengan jenis pekerjaannya.. besar kecilnya kompensasi juga sepadan dengan jenis profesi yang dipilih.

Jadi semua profesi adalah profesi mulia… tergantung dari Manusia-nya..

saya sering membaca atau melihat di TV, banyak orang yang menjalankan profesinya secara iklas.. tanpa meminta bayaran.. bahkan mereka mengeluarkan uang dan tenaga sendiri agar dapat menjalankan profesinya. mereka adalah volunter… merekah pahlawan tanpa tanda jasa, mereka yang menjalankan profesi mulia tersebut, mereka menjalankan profesinya atas panggilan hati-nya, bukan atas dasar panggilan dompetnya 🙂

alias bukan untuk memperkaya diri…. 🙂

Selama Manusia yang menjalankan profesi tersebut, maka pastinya akan ada Manusia yang melakukan kesalahan dalam menjalankan profesi-nya.

Siapa yang mengetahui dengan pasti apa yang diperbuat Manusia dalam menjalannkan tugasnya, hanya Manusianya yang mengetahui-nya…. Bukan ikatan profesi, teman, tetangga atau oranglain.

Satu gagasan untuk “Apakah ada profesi yang paling Mulia ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*